Mengenal Multimedia

Mengenal Multimedia



1. pengertian
Multimedia terdiri dari dua suku kata yaitu Multi dan Media.
-Multi yang artinya banyak
-Media adalah alat atau wadah yang digunakan untuk menyebar luaskan informasi kepada banyak orang.
Sehingga Multimedia dapat diartikan sebagai alat yang mampu membagikan berbagai bentuk informasi berupa teks (tulisan), gambar, suara, video dan animasi, yang dibuat dalam bentuk digital.
Multimedia merupakan suatu konsep dan teknologi baru bidang teknologi informasi, di mana informasi dalam bentuk teks,
gambar, suara, video, dan animasi disatukan dalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan baik secara linier yang sifatnya 1 arah maupun interaktif (2 arah).

2. Elemen-elemen dari Multimedia
Multimedia adalah gabungan dari beberapa media dari gambar, video, audio dan lain-lain, yang dikenal sebagai elemen multimedia, adapun elemen-elemennya sebagai berikut :

  1. Teks atau tulisan adalah hal yang paling mendasar dalam konteks multimedia ini. Biasanya text digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mencari informasi. 
  2. Gambar, dengan adanya image atau gambar yang sifatnya universal semakin memperjelas  dalam memahami teks serta informasi yang pengguna dapatkan.
  3. Suara atau audio, biasanya suara menjadi pelengkap sebuah video atau animasi yang sudah dibuat. Apabila tidak ada suara atau audio, biasanya informasi dalam bentuk video atau animasi yang telah dibuat akan kurang menarik jika tidak disertai dengan suara.
  4. Video, berbeda dengan aniamasi. Perbedaannya, video lebih menayangkan gambar-gambar secara berurutan dan dihasilkan dari kejadian-kejadian yang memang benar-benar ada.
  5. Animasi merupakan gambar bergerak yang diciptakan melalui sebuah alat elektronik seperti komputer untuk mensimulasikan suatu hal untuk memperjelas informasi.  

3. Manfaat Multimedia

Di Bidang Pendidikan

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi alat bantu bagi kegiatan belajar-mengajar:
  • Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan
  • Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain
  • Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan
  • Multimedia kaya dengan berbagai aktivitas pembelajaran
  • Multimedia mampu menghibur selama proses pembelajaran
  • Multimedia membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini
  • Multimedia memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran
  • Multimedia membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan

Di Bidang Kesehatan

Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

Di Bidang Lain

Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempercepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :
Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer.
Dengan komputer, navigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan lebih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insinyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan.
Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyutingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.









Comments

Popular posts from this blog

Download Naruto shippuden the movie 4 :The Predictions of Naruto Death

Download Film Twin Dragon (1992) Subtitle Indonesia

Download FIlm Sand Caslte (2017) Subtitle Indonesia